Tuesday, March 3, 2009

Psychedelica



Sekitar seminggu yang lalu, dunia dikejutkan dengan penemuan spesies ikan baru. Ikan baru ini ditemukan di perairan Ambon, Indonesia...


Badan ikan ini secara keseluruhan dipenuhi dengan corak-corak melingkar yang berwarna putih dan biru dengan latar belakang warna buah persik. Corak itu seperti bersumber dari mata yang berwarna biru air. Ikan ini memiliki muka datar yang luas, pipi tebal dan mata yang menatap ke depan seperti manusia.

Banyak orang yang berpendapat bahwa ikan ini bercorak indah. Tapi, setelah dilihat-lihat, sebenarnya ikan ini lumayan menyeramkan juga (menurutku, hehe...). Coba lihat lekat-lekat gambar ikan itu, kemudian bayangkan bila kita dikejutkan tengah malam dengan muka ikan ini, pasti banyak yang akan berteriak, haha...

Ikan ini kemudian diberi nama Histiophyrne psychedelica. Ikan ini diduga berasal dari genus Histiophyrne karena matanya menghadap ke depan (beda dengan ikan-ikan yang umumnya memiliki mata di samping) dan kemungkinan memiliki penglihatan binokuler.
Kemudian, nama spesies psychedelica diberikan karena corak-corak pada ikan tersebut. Kalo tidak salah, psychedelica itu istilah untuk gambar-gambar campuran corak-corak/tekstur-tekstur yang berwarna-warni, yang apabila dilihat lama-lama, dapat menimbulkan suatu bayangan tertentu yang bergerak-gerak di dalam otak.

0 comments:

Post a Comment