Tuesday, July 20, 2010

har-hari KP (16 Juli 2010)

Sorry yaa., bloggie..., aaaaaarghh mulai malas lagi...
ga boleh..., ga boleh..,

Jadi hari Jumat itu, saya dkk ngunjungin Utilitas...
Hmm, yang menyangkut turbin, pembangkit steam dll..

PErtama-tama, kami dijelasin dulu oleh pak Aswarman.. Lumayan menraik penjelasannya, menurutku siii..., tmn2 yg lain ntah knp mukanya ga enak untuk knjungan2 terakhir.
anyway, kami dijelasin dulu mengenai pengolahan air, ttg zat yg ditambahkan; djelaskan pula proses untuk air rumah tangga, air untuk proses. Kemudian beralih topik ke steam dan turbin..

Setelah itu, kami ke ruang control utilitas yng beda sendiri.., ketemu mouse jadul yg lucu.., ada pak Yeyet, dan pak hmmmhmmm (lupa namanya). Galak2 bapaknya.., dibandingkan dengan bapak control room proses. KAmi jadi ga bisa nanya banyak2 juga.. =(
Trus karena hari Jumat, kami istirahat lebih awal. Makan siang dihabiskan di ruang rapat. Kami sempat berkenalan dengan 4 orang anak Tekim USU yg KP di utilitas (mereka telat ngajuinnya jadi kebuang dari PE, proses enjiniring). berhasil ngobrol bentar dan minta CP utk LRPTN, yang sebenarnya agak memalukan karena aku sangat pemalu.., hahaha

Trus, kami dibawa oleh kak ririn untuk muter2.. Kami lebih dijelasin di bagian resin untuk pengolahan air.., selama ini ternyata kebalik-balik. REsin penukar kation berarti untuk ngambil kation dari air dan diregen dengan HCl, dsb resin penukar anion diregen dengan NaOH. Dan percayalah proses regennya ribeeeeeeeeeeeeet abiis.., cckckc..
trus ngunjungin cooling water system, tapi air dari fannya hanget

hmm, ga liat boiler tapi katanya mirip sama dapur.
trus ngeliat 4 turbin besar yang sangat berisik.., Oh, I so hate turbin, ga di kuliah, ga juga di dunia nyata.., hahaha

trus, setelah kembali ke pangkalan utilities, sempat ngobrol sebentar dengan pak Aswarman..
Beliau dengan baik hatinya menawarkan untuk mengunjungi Water Treatment Plant di kompleks perumahan setelah jam kerja. Sebenarnya teman2 yg lain sepertinya sdh cape, pada keliatannya ga mau, cuma aku bersikeras ingin.. Haha, apa gunanya KP kalo ga liat dan memahami semua.., kapan lagi bisa masuk pertamina seenak ini?

Trus jadilah kunjungannya..
BApak yang berjaga di sana sangat baik. Kami dijelaskan sampai detail sekali.. KAmi juga diperbolehkan melihat tangkinya dari atas.. TErnyata semua air diambil dari sungai rokan, dialirkan sepanjang 42 km, dan warnanya coklat kopi.., ckckckc..., trus ditreatment dan disimpan.
Di WTP, ada lab mini yg unik juga.., hehe.., pH meternya uniiikkk...
kami di sana sampai sore banget.., coba kalo ga hujan, bisa sampai malam kayanya.., hahaha

hmm, itulah untuk hari Jumatnya

0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates