Thursday, July 15, 2010

hari-hari KP (15 Juli 2010)

Bloggie.., udah ngantuk niii.., tapi aku harus tepati janjiku.., hehehe
km apa kabr..? baik2 aja kan? banyak yang datang ngeliatin km ga?, hahaha

Hari ini, aku ke pertamina lagi..
Hari ini kami ke unit Hidrocracker Complex (HCC) bagian HCU atau lebih dikenal dengan nama unibon.

Dijelasin bentar sama bapak yang ga semangat.., trus ditinggal di control room lagi..
Di control room, saya kenalan ddengan bapak yang bernama Hasanul Arifin. Beliau sabarrrrrrrrrrr banget jelasin ke aku.., aku tanya sampai detail sekali, jadi ga enak, tapi jadi ada kepuasan sendiri...
TApi bapaknya itu pinter banget.., Dulu sebelum berangkat KP, aku diwanti-wanti supaya jangan nanya yang teknis2 ke operator atau panelman, karena mereka belum tentu mengerti.., Tapi, sekarang saya rasa kita ga boleh memandang rendah panelman. Walaupun mereka pendidikannya ga setinggi kita, namun mereka pengalamannya jauh melebihi kita.. BAhkan bapak2nya menjelaskan hal yang sebenarnya juga dijelaskan oleh dosen aku.., dan banyak hal teknis yang aku ga ngerti juga dijelaskan sampai aku mengerti banget..
Aku jadi berpikir, kami2 yang sekolah lebih tinggi belum tentu lebih pintar.., jadi harus selalu rendah hati sama semua orang..
Aku disana lebih lama dibandingkan teman2ku. Mungkin karena teman2 udah lebih mengerti, mereka balik ke kantor lebi awal... Aku menatap monitor trus.., lumayan mengerti yang bagian reaktor.., namun banyak yang ingin kutanyakan tentang bagian fraksionasi..
Aku juga mengenal lebih jauh tentang pak Arifin.. Beliau menceritakan kisah pendidikannya, keluarganya, apa yang dilakukan sewaktu libur. Aku senang karena bisa berkenalan lebih jauh dengan bapaknya. Skill sosialku ternyata lumayan juga, hahaha.., tapi bagian yang tersusah adalah memulai percakapan. Setelah dimulai.., semuanya mengalir secara alami aja..

Selain pak Arifin, aku juga berkenalan dengan pak HErliadi yang sangat penasaran dengan kami.. BEliau banyak mengajak kami ngobrol.
Aku juga berkenalan dengan pak Djali.., BEliau dari pulaukuuuu.., dan rumahnya di kampung tanjung.

Setelah itu, pak endang yang sangat sibuk menyempatkan diri untuk mengantar kami ke plant. KAmi juga diberi sarung tangan dan ear plug.. Beliau baiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikk sekaliii..
Kami ditinggal dengan pekerja yang menangani plant unibon supaya diajak keliling2.., karena bapaknya mau rapat...
Pemuda yang mengantar kami sangat bersemangat. BEliau benar2 menunjukkan semua bagian plant. Setelah itu, kami diajak menaiki tangga yang bentuknya seperti rel kereta apai (kata teman saya, namanya tangga monyet)... Waaaaa, saya deg2an ketakutan banget.., tapi bisa sih akhirnya..hahahhaha
trus diajak muter juga sama pak YEndri..
HAri ini cape juga .., fiuhhh

besok kami akan ke utilitas. =)

0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates