Tuesday, July 20, 2010

hari- hari KP (19 Juli 2010)

Tgl 19 Juli, kami ngunjungi yg namanya oil movement...
karena udah mendengar dari bapak2 sebelumnya.., sebenarnya aku agak overexcited.., hahaha,., karena akan berkunjung ke pond limbah yang ditreatment bilogically dengan bakteri.
Anda2 semua pasti berpikir cewe gila mana yang kegirangan liat limbah.., hahahah..

ok.., jadi kami diantar mas Khai ke kantor OM, karena pembimbing kami lg loading katalis k reaktor gt. OM terletak dekat dengan lautnya.., hahhaa
pertama-tama, kami bertemu dengan bapak Saliman dulu. Seperti biasa, kami dijelaskan gitu apa aja yg ad di OM. BAsically, OM itu mengatur pencampuran minyak (blending minyak jadi premium), trus yg memanage semua tangki dan isinya, mengatur juga pengapalan, dan limbah.
Setelah dijelaskan, kami ditawarkan turun ke lapangan.., tentu saja mau donk..

Pertama, kami kenalan dengan pak Sugito. Setelah saya ajak bincang2, ternyata beliau dari purwokerto. KAmi diajak ngelilingin dermaga dan kapal yg sedang loading produk pertamina. Beliau orang yg sangat sabaaaaaaaaaaaaaaaar sekali...

Kemudian, setelah kembali dari dermaga, kami istirahat siang.
Setelah itu, kami berkenalan dengan pak Indra..
Pak indra yg akan mengajak kami muter2 di sistem limbah dan LPG..
Ternyata, kunjungannya tak seindah bayanganku.. kami harus manjat dan berjalan di pinggiran kolam limbah yang tingginya 2,5 - 3 meteran, dan tempat jalannya hanya dialasi besi2 gitu..
Diatas bak itu, orang kalo jatuh, ada dua pilihan.., jatuh ke kanan maka akan tenggelam di bak yang jorok penuh limbah, namun kalo jatuh ke kiri akan ada rerumputan 3 meter di bawah yg kayanya sakit banget kalo jatuh ke sana..
aku udah terkenal sangat s\tidak stabil kalo jalan maupun lari.., hiks22..., karena bapaknya naik.., terpaksa naik juga.., aku jalannya lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget.., hiks2, kakiny udah gemetaran lemes gt.., baknya sangat gede dan dalamm. BAhkan di tangki aerasinya ada 3 mixer yang besarrr dan kencang muternya.. Ohya, sehari nutrisi bakterinya 15 kg pupuk NPK.., woww..
Trus, limbahnya bauuuu =(
Kami juga ke tempat tangki LPG yg bulet2.. tempat injeksi merkaptan yg bau jg..
Sepulangnya, tangan lgsg kotor gt.., bapaknya baik banget.., ngeluarin sabun minyak buat kami.. trus dikasih lap tangan yg tebel dan bersih dan baru.., karena sayang utk dibuang, dibawa pulang d.., hitung2 cinderamata jg, hahaha

Trus, pak Saliman mengantart kita ke pangkalan Tank Farm area 2..
Kami diajak melihat tangki..
tapi perjalanan menuju tangki jg menyebalkan..
jadi kan tangki itu harus ada space buat tmpt tampung di sekitar kalau ada kejadian apa gitu..
Nah, di setiap tangki, dikelilingi sama dinding bata merah gitu.., trus agak tinggi dindingnya. Tebel dinding hanya 15-20 cm kira2.., huaaaaaa, ini mengerikan banget buat jalan di atasnya..
Karena takut banget, akhirnya aku jalan sambil narik baju temen di depanku..., hiks.., setelah jalan panjang, bapaknya bilang boleh jalan di bawahnya.., swt dahh..
Trus, kami naik ke atas tangki dengan tangga..., tinggggggggiiii bangett.. trus berada di atas tangki gt..
trus, kami pun berpindah ke tangki 103.., lagi perbaikan menyeluruh.., kami mencoba melewati man hole dan berada di dalam tangki.., manholenya keciiilll

Ya itulah perjalanan ke oil movement yg sangat mendebarkan perjalananny.., haha...
kynya aku blm tentu bisa kerja di kilang
aku jg semakin salut dengan semua pekerja lapangan yg harus panjat2, jalan di tempat berbahaya, dll...
semangat ya.., bapak2.., hehehe

0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates