Wednesday, July 14, 2010

Hmm2.., hari ini ak dkk dijadwalkan mengunjungi HCC (HidroCracker Complex) bagian HANS.
Hmm, ada 5 sistem di dalam hans : Ada Hydrogen plant, Amine, Nitrogen plant, Fuel Gas System dan Sour Water System.

Awalnya, kami dijelaskan dulu secara garis besarnya di kantor oleh pak Endang. Pak Endang juga merupakan bapak yang sangat baik. Kami sangat beruntung karena sampai saat ini, semua bapak yang ngejelasin ke kita sangat ramah dan baik hati. Aku mulai berpikir, mgkn untuk mendapatkan posisi yang lebih superior, seseorang harus memiliki kepribadian yang menyenangkan atau attitude yang baik.., tapi ga tau juga sih... Anyway, bapaknya sangat sibuk, jadi setelah kami dijelaskan secara singkat, kami ditingalkan di ruang panel, sedangkan beliau harus mengecek sesuatu di lapangan.

Di ruang panel, kami berkenalan dengan pak Ajri yang menjaga panel Hydrogen plant dan pak Fazri yang menjaga panel amine plant dan SWS. Kedua bapaknya sangat ramah menjelaskan kepada kami. Tempatnya sangat dingin sampai bapak2nya pakai jaket tebel dan sarung tangan gt.
aku senang karena bisa meneliti satu per satu secara rinci alur2 prosesnya.. karena biasanya hanya dijelaskan garis2 besar alurnya. Aku lumayan puas sih karena aku bisa nelusurin semuanya dengan sabar dengan menahan kedinginan yang luar biasa karena jas almamater sangat tipiiiiisss.
Ohya, aku paling suka dengan sistem SWS.. hmm, karena bagian itu simpel dan yang terpenting, ada hubungannya dengan sistem pengolahan limbah di Pertamina..,
huaaaa..., kayanya aku freak limbah deh.., hahaha...

Setelah di ruang panel, kami istirahat siang

kemudian, kamipun keliling kilang lg, ngunjungin semuanya bagian HANS maupun HCU.
Banyak yang menarik. Ada es2 di nitrogen plant karena suhunya hingga -140an celcius.., keren...
trus dapur untuk reformer Hydrogen plant sangat unik karena apinya turun dari atas. Tapi kami belum liat sih karena APD belum lengkap dan furnacenya sekitar 1200an derajat celcius. Trus, kami ditunjukkan ketiga kompressor sangat besar di HCU yang pernah menjadi kompressor terbesar di dunia waktu dulu2.., hahaha.., berisik banget...
ohya, kami dikasih alat safety untuk telinga juga..
Ohya, kami juga ditunjukkan souvenir2 berupa katalis2 bekas yang udah ga kepake.., jadinya dibawa pulang deh, hahaha...

hmm, setelah itu, kami ditinggal lagi di ruang operator, sekarang di bagian panel HCU. KAmi berkenalan dengan pak Miswan, pak Puji dan pak Nanang. Dijelasin dikit tentang HCU, tapi masih belum ngerti bener. BEsok kami rencananya ke HCU lagi...

Ohya, besok terjadi pergantian jadwal shift panelman, jadi kami ga akan ketemu pak Iskandar, pak Yaldi, Pak Ajri, pak Fazri, pak Miswan, pak Nanang, dan pak Puji. Sangat disayangkan kami belum sempat foto bareng hiks222....., gonna miss them so much.., mereka sangat ramah sekali..
besok panelmannya orang baru semua.., semoga aku masih berani mulai kenalan seperi dua hari ini dan semoga mereka mau menjelaskan dengan sabar karena aku loadingnya sangat lama, hehehehe..

hmm, wish me luck tomorrow.. =)

something else I wish to tell, but I think is not so convenient.., ya udahlah...
yag sabar aja.., belajar sabar..., Amitabha..

0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates