Tuesday, July 13, 2010

hari-hari KP ( 7 Juli sampai 13 Juli)

hmm, aku berencana nulis semcam diari kp ni.., semoga bisa diterusin sampai akhir..
haha, marilyn, jangan malas yaa...
walaupun kecapean harus tetep nulis.
cambate nee

Kerja praktek (KP) merupakan salah satu mata kuliah yang harus diselesaikan di program studi teknik kimia.
aku KP di Pertamina Refeinery Unit II, Dumai dan Sei Pakning, dengan periode dari 7 Juli hingga tanggal 7 Agustus 2010..

Hmm, ceritanya dimulai dari tanggal 4 Juli aja deh yaaa...
pengen coba cerita dengan bhasa inggris ahh.., ntar campur2...

hmm, on 4th of July, my father accompany me on the Journey from my hometown, a lovely island called Tg Balai Karimun (Kepulauan Riau Province). My father was very worried because neither of us have been to dumai. The Journey took 6 hours with ferryboat. So I settle down in Khairuddin's house in the Pertamina houses complex. Actually, he was my senior in ITB (Chemical Engineering '04).
Then, my father went home the next day on 5th of July.
huaaaa.., capeee..., ganti bahasa indo aja...

JAdi tanggal 6, Kami naik bus pertamina untuk ke bagian SDM. Namun, karena kami belum tau, kami diturunkan di dalam kilang. PAdahal kondisinya belum ada badge dan helm safety. Ketika berjalan keluar gerbang menuju SDM, dicegat oleh pegawai Safety. Kami ditegur deh, hiks2.., trus satpamnya juga kena marah. kami ke bagian Sumber Daya Manusia (SDM) di Pertamina untuk mengurus izin masuk kilang. Kami menyerahkan persyaratan administrasi di bagian SDM, kemudian dikirim ke bagian sekuriti jg. Di Bagian Sekuriti, kami bertemu seorang bapak yang baik bernama pak Agus Basuki. Beliau adalah orang yang baik, lucu dan gaul, menurut saya... TApi saya dibuli-buli terus.., hiks2.., masa saya disuruh ke workshop buat ngangkat2 mesin. Aku juga diketawain pas narik2 tali pada tanda izin masuk kaya orang kampung gt.., tapi kan aku juga baru pertama kali liat kaya gt.., hahaha...
Trus.., ngurus itu cuma stengah hari.., sisa harinya dipake temen2 buat nyari helm safety. Dari tempat helm safety, kami makan mie pangsit. Trus setelah itu, karena ide gilaku, aku mengajak temen2 untuk jalan kaki jauuuuh banget.., ga tau sih jaraknya berapa, tapi 45 menit penuh kami berjalan kaki.. trus main2 di KFC bentar dan ada tempat sejenis timezone gt.. KArena sesedih itu ga punya tempat wisata di Dumai, kami sampai autis main di taman bermain KFC. Ad fotonya sih, tapi males nunggu uploadnya.., kapan2 aja deh.
Pulang2 langsung pada tepar, tidur sore.., trus sakit..
hahhaa.., jadi ga enak sebenarnya.

trus tanggal 7.., kami ngambil badge, tanda izin masuk kilang. TRus langsung menuju bagian PE (Proses Engineering). Di bagian PE.., kami mendapat penjelasan singkat dari mas Yusuf dan mas Khairuddin.., tapi habis itu nganggur. Ohya, kami makan di kantin yang sangat kecil dan makanannya mahhhhaaaalll.., masa nasi+telur+sayur labu harganya 11ribu.., huuhuhu.., oleh karena itu, hari-hari berikutnya kami bawa bekal sendiri. Kami dapat schedule buat hari-hari berikutnya.

Tanggal 8 Juli, kami datang ke PErtamina dengan bus lagi. Trus kami dibawa ke bagian RPO. Di sana, kami dijelaskan oleh pak Herry Sofyan mengenai keberjalanan dan planning di PErtamina seperti apa.

TAnggal 9 Juli, kami dibawa ke bagian HSE. Pertama, kami diberikan penjelasan safety. PEnjelasan yang paling mengecewakan adalah ga boleh moto2, kecuali dapat permit.., huhuhu...
Trus, kami dibawa ke pada pak REndra (head section of occupational health), dijelaskan mengenai kesehatan untuk para pekerja. Di sana, aku baru tau satu hal.., AC dinyalakan pada suhu yang sangat rendah untuk menjaga ketahanan software biar ga panas, tapi pegawainya menggigil kedinginan, haha..
Trus, bagian yang paling menyenangkan : tentang environment. Dijelaskan aja rute2nya gimana, tapi belum bisa ditunjukkin kerena terletak di dalam plant.., ribet kalo minta2 permit dulu.
Ada juga bagian fire dan Insurance.., cuma personel2nya lagi sibuk dikarenakan kunjungan dari pihak insurance.

TAnggal 10 dan 11 Juli, kami libuuuuuuuuuuuuurrrrrrr..

TAnggal 12 Juli, kami diajak pak dian mengunjungi kompleks HSC (hidroskimming Complex)
Kami ditunjukkan furnace, kolom, reaktor, stack, pompa, fan.., tapi sekilas..
haha.., aku pusing ngeliatnya.., banyak banget pipa2 dimana-mana..
trus kami foto sama bapaknya di kolam ikan karena ga boleh foto2 di lapangan.., hiks2...

Tanggal 13 Juli, kami mengunjungi HOC (Heavy Oil Complex). PErtama kami dijelaskan 4 bagian di HOC. Ada 1 yang lagi rusak, lg di tender, ntar diperbaiki oleh pihak korea kayanya. ACnya dingiiiiiin banget. Trus, kami dibawa ke bagian CDU (Coker Delay Unit). Tapi waktu site visitnya, pannnnaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaasssssssss banget..., sampai pusing. KAmi naik elevator (pertama kalinya di Dumai ^^), ke bagian atas chamber.., baguuuuuuuuuuuuuuss banget.., keliatan semua bagian kilang dan Dumainya.. TApi mengerikan karena pake sistem radioaktif gt..
Pak Dasep yang mengajak kami sangat baik juga. Beliau mengerti keinginan kami foto2, jadi kami di foto di ketinggian, haha.. Ditraktir biskuit juga loh..
Kami dijelasin mesin2 yang bekerja, sempat melihat pengeluaran coke dari chamber. Trus diceritain juga tentang kecelakaan yang pernah terjadi..,ada yang pernah mateng setengah tubuhnya, kemudian meninggal, hiks2.., mengerikan T.T
diceritain juga ttg adanya hal2 mistis, org korea yang merancang alat heater besar hanya dlm 3 bulan, ada kiln yang lebih besar dari kiln pabrik semen, dan ttg pabrik semen yang tertarik banget dengan green coke yg diproduksi pertamina karena heating valuenya sangat tinggi, namun kita malah mengekspor ke jepang dan korea.
Rencanany stlh istirahat siang, kami akan dibawa ke Calciner dan SIlo.., tapi sayang ga ada kendaaraan.., jadi kami malah menghabiskan waktu menunggu. Selama tmn2 lain internetan.., aku mengunjungi ruang control roomnya.., Kereeeennn dan dingin. Berkenalan dengan 2 orang bapak, bapak iskandar dan bapak Yaldi. Bapak2 di sana sangat kalem ketika alarm bunyi.., bahkan aku yang bingung ngeliatnya kok bpk2ny kalem banget, tp beruntung setiap masalah bisa diselesaikan. Bapak2 panelman ternyata mengerti jauh lebih banyak dari aku..,aku dijelasin banyak hal ttg proses dari awal2nya. Aku masih pengen di sana berlama2.., tapi sudah waktunya pulang.

gitu sihh.., beberapa hari ini yang aku inget...
Itulah kegiatan aku di PErtamina.., BEsok kami bakal ke HCC

Ohya, karena kami tinggal di kompleks perumahan pertamina, yang jauh dari peradaban kota, kami belanja semminggu sekali dan masak setiap hari (bekal dan makan malam). Hahaha.., lumayanlah... menghemat, daripada beli makanan di luar yang mahal dan jauh.

ok deh.., segini dulu..
kalo inget lagi, baru nulis lagi..
hehehee

1 comments:

Anonymous said...

Selamat malam mbak, kebetulan saya sedang mencari informasi mengenai Kerja praktek di pertmaina RU dumai, apa mbak bisa kasih info alamat ke mana proposal dikirm dan no telpon kontak? terima kasih sbelumnya mbak
teguhaputra@yahoo.com

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates